John smeaton – The Father of Civil Engineering
John Smeaton dianggap sebagai bapak teknik sipil. Dia dianggap menjadi yang pertama insinyur sipil memproklamirkan diri pada tahun 1761. Inggris
sipil insinyur John Smeaton (1724-1792) telah mengubah kerajinan teknik
ke dalam profesi dengan menerapkan ilmu pengetahuan eksperimental ke
dalam masalah arsitektur dan mekanik yang akhirnya dibangun banyak
konstruksi marvels.John Smeaton adalah orang yang merancang Mercusuar
Eddystone ketiga selama periode 1755-1759. Ia
dibangun dengan penggunaan 'kapur hidrolis' (semacam mortar yang akan
diatur di bawah air) dan mengembangkan teknik yang melibatkan penggunaan
blok dovetailed granit di gedung mercusuar. Mercusuar
Nya kemudian tetap digunakan sampai 1877 ketika batu fondasi yang
mendasari struktur itu mulai mengikis itu telah dibongkar dan sebagian
dibangun kembali. Dia
penting dalam pembangunan, sejarah, penemuan kembali semen modern,
karena ia mengidentifikasi komposisi dan persyaratan yang dibutuhkan
dapat diperoleh "hydraulicity atau Likuiditas" dalam pekerjaan kapur
yang akhirnya menyebabkan penemuan semen Portland modern.
Biografi legenda
John Smeaton lahir pada tanggal 8 Juni, di year1724, di Austhorpe di Yorkshire. Ayahnya adalah seorang pengacara. Sebagai
anak laki-laki, Smeaton membuat alat-alat tangan oleh sendiri, dan
casting mereka sendiri, ia membuat mesin bubut kecil untuk mengubah
kayu. Dia adalah orang yang juga membuat mesin uap.
Pada usia 16 Smeaton bergabung kantor ayahnya, di mana ia mulai studi hukumnya. Kemudian dua tahun ia melakukan perjalanan ke London untuk memasuki profesi hukum. Sejak,
ia lebih tertarik pada kerajinan mekanik dan akhirnya dengan
mendapatkan izin ayahnya untuk menjadi seorang pembuat alat, profesi
yang berhubungan dalam hal keterampilan mekanik tetapi juga menerapkan
beberapa pengetahuan ilmu. Pada tahun 1750 ia membuka toko alat sendiri.
Pelatihan ilmiah Nya datang berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari bacaan dan dari pertemuan Royal Society of London. Dia menjadi rekan dari Masyarakat pada 1753 dan mulai berkontribusi artikel ke Philosophical Transactions. Pada
tahun 1759 ia menerima Copley Medali Emas untuk penyelidikan
eksperimental ke kincir angin dan pabrik air di mana ia menjelaskan
bagaimana efisiensi maksimum kincir air dapat diperoleh. Kemudian ia kemudian dirancang dan dibangun banyak kincir air. Itu
menandai karyanya mewakili akumulasi pengembangan sumber kekuatan
tradisional air sampai kincir air digantikan oleh turbin yang bekerja
Smeaton yang digantikan.
Pada
tahun 1756, Smeaton memulai proyek rekayasa pertama dan paling
terkenal, rekonstruksi mercusuar Eddystone di Selat Inggris. Inggris kemudian menjadi kekuatan angkatan laut yang besar, dan alat bantu navigasi di perairan pesisir adalah dari penting. Eddystone adalah salah satu situs paling penting dalam Selat Inggris. Struktur
ini setengah, dan kadang-kadang seluruhnya, terendam satu yang
merupakan lokasi banyak badai dan sering menjadi penyebab kecelakaan
kapal. Dua jenis mercusuar sebelumnya ada telah hancur.
Smeaton kemudian memutuskan untuk membuat mercusuar baru seluruhnya dari batu. Dia
membangun sebuah model skala struktur, kekakuan struktur yang
ditingkatkan dengan dovetailing kursus menjadi satu sama lain dan ke
karang itu sendiri. Ia mengembangkan semen yang mengeras dan set di bawah air laut. Mercusuar ini dibangun antara 1757-1759. Ia digantikan pada tahun 1877 karena beberapa bagian karang yang berdiri itu telah dirusak oleh lautan periode yang panjang.
Smeaton juga meneliti bahwa mesin sangat penting untuk revolusi industri terutama mesin uap. Dia
adalah insinyur pertama untuk menganalisis operasi dan mekanisme mesin
uap eksperimental dan bekerja di atasnya untuk meningkatkan efisiensi. Pada
tahun 1770 ia meningkatkan efisiensi asli mesin dengan 2 kali efisiensi
sebelumnya, dan ia kemudian hampir tiga kali lipat itu. Efisiensi
itu masih sangat rendah, dengan perhatian yang luar biasa untuk
merancang ia menciptakan mesin uap terbaik sampai James Watt ditempatkan
mesin sendiri di pasar.
Banyak
inovasi teknis yang besar yang datang ke pasar karena kerja keras
Smeaton ini seperti penggunaan bagian-bagian besi dalam menggerakkan
mesin dan pengenalan penggunaan lonceng menyelam untuk pembangunan
jembatan dan instalasi pelabuhan. Dia
ingin mengubah apa yang telah menjadi tradisi kerajinan teknik, menjadi
profesi yang ilmu terapan eksperimental untuk kerajinan. Dia adalah salah satu orang pertama yang menyebut dirinya sebagai insinyur sipil. Pada
tahun 1771, ia mendirikan masyarakat teknik pertama di dunia yang
Society of Civil Engineers, juga disebut sebagai Smeatonian Society,
yang pada tahun 1818 menjadi Lembaga Sipil Engineers. Dia meninggal pada 28 Oktober 1792 di Austhorpe.
Memutuskan bahwa ia ingin fokus pada bidang teknik sipil, ia memulai serangkaian luas struktur, termasuk:
Calder dan Hebble Navigasi selama tahun 1758-1770.
Jembatan Coldstream atas Sungai Tweed selama tahun 1762-1767.
Perbaikan Sungai Lee navigasi selama tahun 1765-1770.
Perth Bridge di atas Sungai tay di Perth selama tahun 1766-1771.
Canal Ripon selama tahun 1766-1773.
Viaduct
Smeaton, yang membawa A616 jalan (bagian dari aslinya Great North Road)
di atas Sungai Trent antara Newark dan selatan Muskham di
nottinghamshire selama tahun 1768-1770.
Forth dan Clyde kanal dari Grangamouth ke Glasgow selama tahun 1768-1777.
Banff pelabuhan selama tahun 1770-1775.
Jembatan Aberdeen selama tahun 1775-1780.
Pelabuhan Peterhead selama tahun 1775.
Tingkat kekuatan nent selama tahun 1776-1777.
Harbour bekerja di ramsgate (retensi basin selama 1776-1783, jetty selama 1788-1792)
Jembatan Hexham selama tahun 1777-1790.
yang birmingham dan Fazeley kanal selama tahun 1782-1789.
Sy Austell Charlestown pelabuhan di Cornwall selama tahun 1792.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar